Banyak
hal yang dianggap membatalkan shalat atau dianggap tidak boleh
dilakukan dalam shalat padahal ternyata hal-hal tersebut boleh
dilakukan. Berikut ini adalah hal-hal yang diperbolehkan oleh syari’at
untuk dilakukan ketika shalat dan perbuatan yang tidak membatalkan shalat:
1. Menggendong anak kecil ketika shalat
فعن
Dari Abu Qatadah, “Bahwasanya Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat dan dia menggendong Umamah
binti Zainab binti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika
sujud beliau meletakkannya dan ketika berdiri beliau menggendongnya
lagi.” 1
2. Sedikit berjalan karena ada kebutuhan
2. Sedikit berjalan karena ada kebutuhan
فعن عائشت قالت: ((كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يصلي في البيت, و الباب عليه مغلق, فجعت فاستفتحت فمشى ففتح لي, ثم رجع إلى مصلاه, ووصفت أن الباب في القبلة))
Dari ‘Aisyah, dia berkata, “Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat di rumah, dan pintu dalam
keadaan terkunci. Kemudian aku datang dan meminta dibukakan pintu, lalu
Rasulullah berjalan dan membukakan pintu untukku. Kemudian beliau
kembali ke tempat shalatnya, dan aku mengetahui bahwasanya pintu berada
di arah kiblat.”2
3. Mencegah orang yang hendak lewat di depannya ketika shalat
Ketika sedang shalat, diperbolehkan menjulurkan tangan untuk menghalangi orang yang hendak melintas di depan kita. Sesuai dengan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Abu Sa’id al-Khudri:
3. Mencegah orang yang hendak lewat di depannya ketika shalat
Ketika sedang shalat, diperbolehkan menjulurkan tangan untuk menghalangi orang yang hendak melintas di depan kita. Sesuai dengan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Abu Sa’id al-Khudri:
((إذا صلى أحدكم إلى شيء يستره من الناس, فأراد أحد أن يجتاز بين يديه فليدفعه, فإن أبى فليقاتله فإنما هو شيطان))
“Jika seseorang diantara kalian shalat
menghadap sesuatu yang membatasinya dengan manusia, kemudian seseorang
hendak lewat di antara kedua tangannya (di hadapannya) maka cegahlah
orang itu. Jika dia menolak (masih tetap ingin lewat), maka perangilah
dia karena sesungguhnya dia adalah setan.”3
4. Membunuh ular, kalajengking, dan hewan lain yang membahayakan ketika shalat
4. Membunuh ular, kalajengking, dan hewan lain yang membahayakan ketika shalat
عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه و سلم ((أمر بقتل الأسودين في الصلاة: العقرب والحية))
Dari Abu Hurairah, “bahwasanya
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallammemerintahkan untuk membunuh dua
hewan yang berwarna hitam ketika shalat: yaitu kalajengking dan ular.”4
5. Memindahkan kaki orang yang tidur karena ada kebutuhan
5. Memindahkan kaki orang yang tidur karena ada kebutuhan
عن عائشة قالت: ((كنت أمد رجلي في قبلة النبي صلى الله عليه و سلم و هو يصلي, فإذا سجد غمزني, فإذا قام مددتها))
Dari ‘Aisyah, dia berkata: “Aku pernah
meluruskan kakiku di arah kiblat nabishallallahu ‘alaihi wa sallam
ketika beliau sedang shalat. Jika beliau sujud, beliau memindahkan
kakiku, dan jika beliau berdiri aku meluruskan kakiku lagi.”5
6. Mengerjakan shalat dengan memakai sandal
Dari Sa’id bin Yazid, Dia berkata: Aku pernah bertanya kepada Anas bin Malik, “Apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengerjakan shalat dengan mengenakan sepasang sandal?” Dia menjawab, “Ya.”6
An-Nawawi menjelaskan, pada hadits ini terdapat keterangan mengenai dibolehkannya shalat dengan memakai sandal dan khuf selama diyakini kebersihannya dari najis.
7. Melepas sandal atau semacamnya ketika shalat karena ada kebutuhan
6. Mengerjakan shalat dengan memakai sandal
Dari Sa’id bin Yazid, Dia berkata: Aku pernah bertanya kepada Anas bin Malik, “Apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengerjakan shalat dengan mengenakan sepasang sandal?” Dia menjawab, “Ya.”6
An-Nawawi menjelaskan, pada hadits ini terdapat keterangan mengenai dibolehkannya shalat dengan memakai sandal dan khuf selama diyakini kebersihannya dari najis.
7. Melepas sandal atau semacamnya ketika shalat karena ada kebutuhan
عن أبي سعيد الخدري قال: ((بينما رسول الله صلى الله عليه و سلم يصلي بأصحابه إذا خلع نعليه فوضعهما عن يساره فلما رأى ذلك القوم ألقوانعالهم….))
Dari Abu Sa’id al-Khudri, dia berkata:
“Suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat bersama
para sahabatnya, tiba-tiba beliau melepas kedua sandalnya kemudian
meletakkan keduanya di sebelah kiri beliau. Ketika para sahabat
melihatnya, mereka pun langsung melepaskan sandal-sandal mereka ….”7
8. Meludah pada baju atau sapu tangan/tissue
8. Meludah pada baju atau sapu tangan/tissue
عن جابر عن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال: ((إنأحدكم إذا قام يصلي فإن الله تبارك و تعال قبل وجهه, فلا يبصقن قبل وجهه ولا عن يمينه, وليبصق عن يساره تحت رجله اليسرى فإن عجلت به بادرت فليقل بثوبه هكدا)) ثم طوى ثوبه بعده على بعض
Dari Jabir dari Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam, Beliau berkata: “Sesungguhnya jika seseorang di
antara kalian berdiri untuk mengerjakan shalat, maka sesungguhnya Allah
tabaraka wa ta’ala berada di hadapannya. Maka janganlah meludah ke arah
depan dan jangan pula ke arah kanan, akan tetapi meludahlah ke arah kiri
di bawah kaki kirinya. Jika tergesa-gesa dengannya (tidak bisa menahan
ludahnya) maka meludahlah di bajunya seperti ini.” Kemudian beliau
melipat bajunya sebagian atas sebagian yang lain.8
9. Memperbaiki baju dan menggaruk badan ketika shalat
9. Memperbaiki baju dan menggaruk badan ketika shalat
فعن جرير الضبي قال: ((كان علي إذا قام في الصلاة وضع يمين علي رسغ يساره, ولا يزال كذلك حتى يركع إلا أن يصلح ثوبه أو يحك جسده))
Dari Jarir adh-Dhabbi, dia berkata: “Ali
jika berdiri di dalam shalat, dia meletakkan tangan kanannya di
pergelangan tangan kirinya, dan senantiasa seperti itu hingga ia ruku’
kecuali jika ia memperbaiki bajunya atau menggaruk badannya.”9
10. Bertasbih bagi laki-laki dan bertepuk tangan bagi perempuan jika terjadi kelupaan di dalam shalat
10. Bertasbih bagi laki-laki dan bertepuk tangan bagi perempuan jika terjadi kelupaan di dalam shalat
لقوله النبي صلى الله عليه و سلم: ((… من نابه شيء في صلاته فليسبح, فإنه إذا سبح التفت إليه, وإنها التصفيح للنساء))
Sesuai dengan hadits nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam: “… jika terjadi sesuatu di dalam shalatnya maka
bertasbihlah, maka jika ia bertasbih menolehlah (imam) kepadanya
(memperhatikannya), dan sesungguhnya bertepuk tangan adalah bagi
perempuan.”10
Makna bertepuk tangan adalah memukulkan telapak tangan ke atas punggung telapak tangan yang lain.11
11. Melihat ke sebelah kanan atau ke sebelah kiri karena kebutuhan
Makna bertepuk tangan adalah memukulkan telapak tangan ke atas punggung telapak tangan yang lain.11
11. Melihat ke sebelah kanan atau ke sebelah kiri karena kebutuhan
عن جابر قال: ((اشتكى رسول الله صلى الله عليه و سلم فصلينا وراءه و هو قاعد, و أبو بكر يسمع الناس تكبيره, فالتفت إلينا فرانا قياما فأشار إلينا فقعدنا فصلينا بصلاته قعودا))
Dari Jabir, dia berkata: “Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengeluh. Kami shalat di belakang
beliau dan beliau dalam keadaan duduk, dan Abu Bakar memperdengarkan
kepada manusia bacaan takbirnya, maka beliau menoleh kepada kami dan
melihat kami shalat dalam keadaan berdiri, dan beliau berisyarat kepada
kami, maka kami pun duduk, dan sholat sesuai dengan sholat beliau, yaitu
dalam keadaan duduk. “12
12. Membalas salam dengan isyarat kepada orang yang memberi salam kepadamu
Jika seseorang mengucapkan salam kepadamu sedangkan kamu sedang melaksanakan shalat, maka sudah jelas bahwasanya tidak boleh membalasnya dengan ucapan, akan tetapi boleh membalasnya dengan isyarat menggunakan tangan.
12. Membalas salam dengan isyarat kepada orang yang memberi salam kepadamu
Jika seseorang mengucapkan salam kepadamu sedangkan kamu sedang melaksanakan shalat, maka sudah jelas bahwasanya tidak boleh membalasnya dengan ucapan, akan tetapi boleh membalasnya dengan isyarat menggunakan tangan.
فعن ابن عمر قال: خرج رسول الله صلى الله عليه و سلم إلى قباء يصلي فيه, فجاءته الأنصار فسلموا عليه و هو يصلي, فقلت لبلال: كيف رأيت رسول الله صلى الله عليه و سلم يرد عليهم حين كانوا يسلمون عليه و هو يصلي؟ قال: هكذا, و بسط كفه [و جعل بطنه أسفل و جعل ظهره إلى فوق]
Dari Ibnu Umar, dia berkata: “Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah keluar menuju masjid Quba untuk
shalat di dalamnya. Kemudian sahabat anshar datang dan memberikan salam
kepada beliau sedangkan beliau sedang shalat, maka aku berkata kepada
Bilal: bagaimana engkau melihat rasulullah membalas salam mereka ketika
mereka memberikan salam kepada beliau sedangkan beliau sedang shalat?
Bilal berkata: Seperti ini, dengan membentangkan telapak tangan beliau
(beliau menjadikan telapak tangannya berada di bawah dan menjadikan
punggung tangannya ke arah atas).13
13. Mengangkat kepala ketika sujud untuk mengecek keadaan imam ketika imam memanjangkan sujudnya
Jika kamu sedang shalat berjama’ah dan imam memanjangkan sujudnya atau tidak terdengar takbir atau semisal itu maka boleh bagimu, ketika kamu sedang sujud, untuk mengangkat kepalamu untuk mengecek keadaan imam.
13. Mengangkat kepala ketika sujud untuk mengecek keadaan imam ketika imam memanjangkan sujudnya
Jika kamu sedang shalat berjama’ah dan imam memanjangkan sujudnya atau tidak terdengar takbir atau semisal itu maka boleh bagimu, ketika kamu sedang sujud, untuk mengangkat kepalamu untuk mengecek keadaan imam.
فعن عبد الله بن شداد عن أبيه قال: ((خرج علينا رسول الله صلى الله عليه و سلم في إحدى صلاتي العشاء و هو حامل حسنا أو حسينا فتقدم رسول الله صلى الله عليه و سلم فوضعه ثم كبر للصلاة فصلى, فسجد بين ظهراني صلاته سجدة أطالها, قال أبي: فرفعت رأسي و إذا الصبى على ظهر رسول الله صلى الله عليه و سلم و هو ساجد فرجعت إلى سجودي, فلما قضى رسول الله صلى الله عليه و سلم الصلاة قال الناس: يا رسول الله إك سجدت بين ظهراني صلاتك سجدة أطلتها حتى ظننا أنه قد حدث أمر, أو أنه يوحى إليك, فقال: ((كل ذلك لم يكن, ولكن ابنى ارتحلنى فكرهت أن أعجله حتى يقضى))
Dari Abdullah bin Syadad dari bapaknya,
dia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar menuju
kami dalam salah satu shalat isya sedangkan beliau menggendong Hasan
atau Husain. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam maju dan
meletakkannya kemudian bertakbir untuk memulai shalat, kemudian beliau
shalat. Beliau bersujud di tengah shalatnya dengan sujud yang panjang.
Bapakku berkata: “Aku mengangkat kepalaku, ternyata ada anak kecil di
atas punggung Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sedangkan beliau
sedang sujud, kemudian aku kembali bersujud. Ketika Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam telah selesai shalat, para sahabat
berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau bersujud di tengah
shalatmu dengan sujud yang panjang hingga kami mengira bahwasanya telah
terjadi sesuatu, atau bahwasanya hal tersebut diperintahkan kepadamu,
Rasulullah menjawab: “Hal tersebut tidak mungkin, akan tetapi anakku
menaiki punggungku maka aku enggan untuk mempercepatnya sampai ia
selesai (menaiki punggungku).14
14. Melihat mushaf dan membaca darinya ketika shalat sunnah karena kebutuhan
Adapun yang dimaksud kebutuhan seperti menghendaki memperlama berdiri dalam shalat, sedangkan ia tidak hafal. Maka tidak mengapa membaca dari mushaf ketika shalat.
14. Melihat mushaf dan membaca darinya ketika shalat sunnah karena kebutuhan
Adapun yang dimaksud kebutuhan seperti menghendaki memperlama berdiri dalam shalat, sedangkan ia tidak hafal. Maka tidak mengapa membaca dari mushaf ketika shalat.
فعن القاسم أن ((عائشة كانت تقرأ في المصحف فتصلى في رمضان)) و قال القاسم: ((كان يؤم عائشة عبد يقرأ في المصحف))
Dari al-Qasim bahwasanya “’Aisyah pernah membaca dari mushaf ketika shalat di bulan Ramadhan.”15 Dan berkata al-Qasim: “Pada hari itu ‘Aisyah beribadah (shalat) dengan membaca dari mushaf”16
15. Menutup mulut ketika menguap
Dari Abu Sa’id Al-Khudri dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:
15. Menutup mulut ketika menguap
Dari Abu Sa’id Al-Khudri dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:
إِذَا تَثَاوَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيُمْسِكْ بِيَدِهِ عَلَى فِيهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَدْخُلُ
“Bila salah seorang dari kalian menguap
maka hendaklah dia menahan mulutnya dengan tangannya karena sesungguhnya
setan akan masuk.”17
16. Membetulkan posisi seseorang yang berada di shaf dengan menariknya ke depan atau ke belakang, atau memindahkan makmum dari kiri ke kanan
Seperti yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap Ibnu Abbas, yaitu beliau memindahkannya dari sisi kiri ke sisi kanan beliau ketika Ibnu Abbas ikut melakukan shalat malam di sebelah beliau.18
Wallahu waliyyut taufiq…
Rahadian Faisal
Referensi:
1. Shahih Fiqih Sunnah Jilid 1, Syaikh Kamal bin As Sayid Salim, hal 307-310, penerbit Darut Taufiqqiyyah Litturotsi
2. Minhajul Muslim, Abu Bakr Jabir al-Jazairy, Hal 177, penerbit Darus Salam
3. Kumpulan Tanya Jawab Seputar Shalat, Syaikh Abdul Aziz bin Nashir al-Musainid, penerbit al-mahira
Footnote:
1. HR. al-Bukhari (516), Muslim (543), dan selain keduanya
2. HR. at-Tirmidzi (598), Abu Dawud (910), dan an-Nasa’i (3/11), dihasankan oleh al-Albani
3. HR. al-Bukhari (1/136), Muslim (259) dalam kitab shalat
4. HR. Abu Dawud (921), an-Nasa’i (1202), at-Tirmidzi (390), dan ibnu Majah (1235), lafadz hadits tersebut darinya, dan hadits tersebut shahih
5. HR. al-Bukhari (1209), Muslim (512), dan selain keduanya
6. HR. Muslim
7. HR. Abu Dawud (555)
8. HR. Muslim (3008) dan Abu Dawud (477)
9. HR. Ibnu Abi Syaibah (1/391), dan al-Bukhari (2/58)
10. HR. al-Bukhari (1201), dan Muslim (421) dan lafadz hadits tersebut darinya
11. An-Nihayah karya ibnu Atsir (3/34)
12. HR. Muslim (413), an-Nasa’i (3/9), dan Abu Dawud (588)
13. HR. Abu Dawud (915) dengan sanad shahih
14. HR. An-Nasa’i (2/230) dengan sanad hasan
15. HR. Abdur Razaq (2/240), dan ibnu Abi Dawud dalam al-Mashahif (192)
16. HR. al-Bukhari secara muallaq dalam Kitab Adab bab: Imam Ibadah, HR. Ibnu Abi Syaibah (2/338), dan Ibnu Abi Dawud dalam al-Mashahif (192)
17. HR. Muslim (2995)
18. HR. al-Bukhari (183)
16. Membetulkan posisi seseorang yang berada di shaf dengan menariknya ke depan atau ke belakang, atau memindahkan makmum dari kiri ke kanan
Seperti yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap Ibnu Abbas, yaitu beliau memindahkannya dari sisi kiri ke sisi kanan beliau ketika Ibnu Abbas ikut melakukan shalat malam di sebelah beliau.18
Wallahu waliyyut taufiq…
Rahadian Faisal
Referensi:
1. Shahih Fiqih Sunnah Jilid 1, Syaikh Kamal bin As Sayid Salim, hal 307-310, penerbit Darut Taufiqqiyyah Litturotsi
2. Minhajul Muslim, Abu Bakr Jabir al-Jazairy, Hal 177, penerbit Darus Salam
3. Kumpulan Tanya Jawab Seputar Shalat, Syaikh Abdul Aziz bin Nashir al-Musainid, penerbit al-mahira
Footnote:
1. HR. al-Bukhari (516), Muslim (543), dan selain keduanya
2. HR. at-Tirmidzi (598), Abu Dawud (910), dan an-Nasa’i (3/11), dihasankan oleh al-Albani
3. HR. al-Bukhari (1/136), Muslim (259) dalam kitab shalat
4. HR. Abu Dawud (921), an-Nasa’i (1202), at-Tirmidzi (390), dan ibnu Majah (1235), lafadz hadits tersebut darinya, dan hadits tersebut shahih
5. HR. al-Bukhari (1209), Muslim (512), dan selain keduanya
6. HR. Muslim
7. HR. Abu Dawud (555)
8. HR. Muslim (3008) dan Abu Dawud (477)
9. HR. Ibnu Abi Syaibah (1/391), dan al-Bukhari (2/58)
10. HR. al-Bukhari (1201), dan Muslim (421) dan lafadz hadits tersebut darinya
11. An-Nihayah karya ibnu Atsir (3/34)
12. HR. Muslim (413), an-Nasa’i (3/9), dan Abu Dawud (588)
13. HR. Abu Dawud (915) dengan sanad shahih
14. HR. An-Nasa’i (2/230) dengan sanad hasan
15. HR. Abdur Razaq (2/240), dan ibnu Abi Dawud dalam al-Mashahif (192)
16. HR. al-Bukhari secara muallaq dalam Kitab Adab bab: Imam Ibadah, HR. Ibnu Abi Syaibah (2/338), dan Ibnu Abi Dawud dalam al-Mashahif (192)
17. HR. Muslim (2995)
18. HR. al-Bukhari (183)
Posted by 23:42 and have
0
comments
, Published at
No comments:
Post a Comment