Tampilkan Special Characters dengan Shortcut Keyboard

Tampilkan Special Characters dengan Shortcut Keyboard

Buat pengguna software office seperti misalnya MS Word, untuk mengetik dokumen tertentu terkadang kita membutuhkan penggunaan simbol aka karakter spesial (special characters/symbol) seperti karakter atau simbol matematika (misalnya ± plus minus, ∞ lambang tak terhingga, ≥ lambang lebih besar sama dengan, dsb), atau juga simbol-simbol mata uang (seperti mata uang € Euro, ¥ Yen, £ Poundsterling, dsb), juga simbol tertentu (© copyright, ® registered ™ trade mark, → tanda panah, dsb), dan berbagai karakter-karakter khusus lainnya.
Biasanya kita melakukannya dengan cara klik menu Insert kemudian memilik Insert character, lalu kita klik karakter yang diinginkan.
Mungkin ada yang belum tahu bahwa sebetulnya ada tombol shortcut tertentu pada keyboard yang bisa kita gunakan sehingga kita bisa cepat secara langsung menampilkan karakter khusus itu tanpa harus membuka jendela Insert Characters.
Berikut ini ada sedikit tips/trik/tutorial cara mudah menampilkan simbol atau karakter khusus (special character) berbasis teks (bukan image), cukup dengan mengetik tombol Alt ditambah dengan nomor-nomor kode tertentu pada keyboard komputer (PC desktop/laptop) untuk berbagai keperluan, tidak hanya untuk pekerjaan mengetik di program office, tapi juga bisa digunakan untuk situs online seperti blog, website, email, bahkan chatting dan update status di Facebook, Twitter, YM, dan lain-lain.
tombol-alt-keyboard.jpg

Aplikasi Penggunaan Shortcut Special Alt Characters

Kode-kode shortcut keyboard yang menggunakan gabungan tombol Alt dan angka Num Lock untuk simbol-simbol tertentu, (lebih mudahnya disebut Special Alt Characters) dari jenis karakter universal UTF-8 ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan tempat misalnya:
  • Software aplikasi text editor seperti MS Office, Word, Excel, dll, termasuk juga memasukkan teks pada program grafis, Notepad, bahkan MS DOS (command prompt).
  • Program internet dan web seperti aplikasi browser (Firefox, IE, Chrome, Safari, Opera, dll), chat di internet messenger (YM), email client (Outlook dll).
  • Berbagai situs dan layanan online, termasuk update status dan chat di Facebook, berkicau di Twitter, web email seperti Gmail dan Yahoo! Mail, dll.
  • Posting artikel blog atau halaman web, termasuk mengisi komentar atau juga cuap-cuap di shout box.
  • Dan lain-lain, intinya adalah aplikasi/layanan berisi teks yang support karakter UTF-8 (bisa dibilang saat ini hampir semuanya sudah mendukung).
Dengan shortcut keyboard ini kita bisa memasukkan special character bahkan di tempat-tempat/aplikasi/software yang tidak menyediakan menu Insert Symbol/Characters.
*

Petunjuk Penggunaan Tombol Alt Code

Sebagai catatan, kode Special Alt Character ini hanya bisa diaktifkan menggunakan angka atau nomor pada Num Lock key (di bagian kanan keyboard), jadi bukan tombol angka sebelah kiri keyboard (di atas karakter huruf).
Intinya:
Tekan Alt + Kode nomor di Num Lock key
(lihat daftarnya di bawah ini)
Lebih jelasnya, cara menampilkan special characters menggunakan tombol shortcut:
  • Pastikan Num Lock key di keyboard dalam keadaan aktif atau ON (lampu Num Lock menyala).
  • Tekan dan tahan tombol Alt.
  • Sambil menekan tombol Alt, ketik nomor kode yang sesuai untuk menampilkan simbol/karakter yang diinginkan (Alt + Num #).
  • Lepas tombol Alt, maka simbol akan muncul.
*

Daftar Shortcut Keyboard Simbol Khusus (Special Alt Characters)

Shortcut Keyboard Tombol Nomor 1 sd 31

Untuk kode NumLock key di keyboard nomor 1 sd 31 ini sengaja dipisahkan karena bentuk karakternya yang cukup menarik dan unik seperti icon, dan juga biar memudahkan penggunaan kalau lagi jalan-jalan di situs online .
Daftar Shortcut Keyboard Nomor 1-31 Special Alt Characters

Daftar Lengkap Shortcut Keyboard Simbol Khusus

Kalau yang ini daftar karakter selengkapnya, termasuk karakter standar seperti angka dan huruf besar/kecil. Jadi kalau misalnya tombol Shift di keyboard anda sedang rusak, alternatif sementara bisa menggunakan shortcut ini sebelum anda beli keyboard baru 
Daftar lengkap Shortcut Keyboard Special Alt Characters
*

Contoh Demo Penggunaan Simbol Khusus

☺ ♂ ♥ ♀
Shortcut keyboardnya:
Alt+Num1 Alt+Num11 Alt+Num3 Alt+Num12
(Kira-kira apa artinya…? )
Atau silahkan coba langsung di form komentar di bawah artikel ini atau di buku tamu di sidebar.

Terima Kasih....

 Source



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Learning_404, Published at 18:11 and have 2 comments

2 comments:

  1. ini bisa digunakan di aplikasi hp gak yah ??
    btw kalau mau share via email bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo HP Android kayaknya bisa...
      cuma kalo hp biasa gk tau deh... :v

      Delete